Begini 7 Langkah Cuci Tangan yang Benar

Cucilah tangan sebelum makan ataupun memulai pekerjaan! Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pernyataan tersebut, bukan? Nah, selain membuat tangan menjadi lebih bersih, dengan rajin mencuci tangan maka dapat pula menghindari masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh ketika Anda menyantap makanan dan camilan. Oleh sebab itu, cucilah tangan Anda sebelum beraktivitas dengan melakukan 7 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO berikut ini, di antaranya;

  1. panduan cuci tanganBasahi kedua telapak tangan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membasahi kedua telapak tangan hingga ke bagian tengah lengan dengan menggunakan air yang mengalir. Kemudian, ambil sabun langsung gosokkan ke bagian telapak tangan Anda secara perlahan dan lembut.
  2. Usap bagian punggung tangan. Setelah Anda menggosok bagian telapak tangan, selanjutnya Anda harus menggosok bagian punggung tangan. Jika sabun di telapak tangan terlihat berkurang, maka Anda bisa menambahkannya kembali dan baluri di atas punggung tangan Anda sembari mengusapnya pelan mulai dari pergelangan hingga ujung jari tangan.
  3. Gosok jari tangan Anda. Dan jangan sampai lupa untuk menggosok bagian jari sekaligus sela-sela jari tangan Anda hingga bersih. Menggosok bagian ini memang terbilang cukup penting, tujuannya tentu untuk menghilangkan segala macam kuman berbahaya yang menempel di bagian jari tangan tersebut.
  4. Bersihkan ujung jari. Berikutnya yang bisa dilakukan yakni membersihkan ujung bagian jari tangan. Caranya tidaklah sulit, Anda tinggal mengatupkan kedua ujung jari tangan secara bergantian, baik itu bagian kanan maupun kiri. Dan pastikan pula Anda membersihkan bagian dalam kuku karena biasanya terdapat banyak kuman yang bersembunyi di bagian ini.
  5. Gosok bagian ibu jari tangan. Apakah penting menggosok bagian satu ini, mengingat ketika menggosok telapak tangan bagian ini sudah tercuci dengan sangat bersih? Yap, tentu jawabannya sangat penting. Bagaimanakah caranya? Anda cukup menggosok bagian ujung ibu jari dan memutarnya secara bergantian.
  6. Letakkan ujung jari di bagian tengah telapak tangan. Lalu, Anda harus meletakkan kelima jari Anda di bagian tengah telapak tangan sambil menggosokkannya pelan. Ini bertujuan untuk membersihkan ujung jari dan kuku Anda.
  7. Cuci pergelangan tangan. Terakhir, Anda harus mencuci bagian pergelangan tangan sampai bersih. Membersihkan bagian ini hampir mirip dengan bagian sebelumnya, dengan cara memberi sabun sambil digosok secara perlahan.

So, agar kuman penyakit tidak menyerang tubuh, jangan pernah lupa untuk selalu mencuci tangan, entah itu sebelum makan atau melakukan aktivitas. Nah, jika Anda ingin yang lebih praktis, maka bisa menggunakan hand sanitizer yang sekarang sudah bisa ditemukan di supermarket terdekat. Mau hidup sehat tanpa gangguan kuman penyakit yang membahayakan tubuh? Yuk, mulai dari sekarang rajin mencuci tangan! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0