Beberapa Masjid di Bali

Mayoritas penduduk Bali beragama Hindu, hal ini dapat terlihat dari ciri khas bangunan yang sering di gunakan di pulau ini yang beberbentuk seperti pura. Ciri khas bangunan ini bisa terlihat di berbagai bangunan, bahkan beberapa Hotel in Bali juga menggunakannya. Beberapa pura bahkan di jadikan kawasan wisata karena menyimpan daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama ketika sedang ada upacara adat yang boleh disaksikan masyarakat umum.

mesjid di baliTidak hanya beragama Hindu, beberapa penduduknya juga ada yang menganut agama lain, seperti agama Islam. Hal ini dapat terlihat dari adanya beberapa kawasan kampung islam dibeberapa daerah di pulau ini. Kampung islam ini sudah ada sejak jaman kerajaan, rata-rata kampung islam ini merupakan hadiah dari raja di Bali. Selain itu, di pulau ini juga terdapat beberapa masjid besar yang sangat menarik, antara lain:

  • Masjid Besar Al-Hidayah

Masjid ini berlokasi di sekitar tempat wisata bedugul. Dari pelataran masjid ini, wisatawan dapat menikmati keindahan Danau Beratan, serta Pura Ulun Danu.Masjid ini berada di lokasi yang cukup tinggi dan untuk mencapainya harus menaiki anak tanga. Selain melihat keindahan pemandangannya dan beribadah disini, wisatawan juga bisa menikmati buah strawberry di masjid ini, karena pengelola masjid ini juga membuka usaha perkebunan strawberry sehingga wisatawan yang datang bisa menikmati wisata agro strawberry.

  • Masjid Nurul Huda

Lokasi masjid ini sangat mudah dicapai, karena terletak di dekat bandara Ngurah Rai. Masjid ini di bangun oleh PT. Angkasa Pura dan terletak di dekat monumen Patung Gatotkaca di desa Tuban. Bagi kalian yang datang ke Bali dengan pesawat dan sampai di Bandara Ngurah Rai saat sudah waktunya Solat, tidak ada salahnya mengunjungi masjid ini untuk beribadah.

  • Masjid Kuno Singaraja

Masjid ini termasuk masjid tertua di pulau Bali. Masjid ini diperkirakan didirikan pada tahun 1654 M, berdasarkan pada Candrasengkala yang ditemukan. Masjid kuno ini terletak di Jalan Hasanudin, Singaraja. Masjid ini menjadi masjid kebanggaan masyarakat Singaraja karena merupakan salah satu saksi masuknya agama Islam di pulau ini.Di Pulau ini juga di temukan Al-Quran tertua di Indonesia, dan diyakini bahwa masjid ini memiliki peran penting dalam penulisan Al-Quran tertua di Indonesia.

Share on Facebook0Share on Google+2Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0