Baru Menikah? Pilih Buat Sendiri Apa Beli Rumah KPR?

Pasti akan banyak orang yang akan menyarankan agar Anda memilih untuk membeli Rumah KPR. Tapi, Anda tidak begitu saja menerima pendapat mereka dong?

Seharusnya Anda tahu pertimbangan apa yang harus Anda lakukan ketika harus memilih untuk membuat rumah baru sendiri atau KPR. Sebagai pasangan baru menikah, sepertinya informasi ini perlu untuk Anda ketahui.

rumah-sendiri-atau-kprBudget

Kedua-duanya membutuhkan budget. Setidaknya itu adalah modal awal yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan sebuah rumah.

Secara keseluruhan, memang rumah KPR jauh lebih mahal harganya. Namun, jika Anda menentukan untuk mengambil masa kredit yang pendek serta DP yang tinggi, harga rumah sistem KPR tidak jauh beda dengan ketika Anda membuat rumah sendiri.

Namun, banyak juga lho yang tetap ingin membuat rumah sendiri. Alasannya juga sama. Budget yang sedikit. Karena dengan hanya budget yang tidak begitu banyak, mereka bisa menyicil untuk membuat bangunan rumah secara bertahap.

Urgency

Kalau dilihat dari urgency-nya, membeli rumah KPR jauh lebih direkomendasikan. Pasalnya, Anda bisa langsung menempati rumah tersebut. Anda tinggal pastikan selalu melakukan angsuran setiap bulannya.

Berbeda jika Anda memilih untuk membangun rumah sendiri. Anda tidak bisa menempatinya secara langsung. Kecuali jika Anda memang mempunya rencana untuk membangun rumah secara bertahap.

Seperti contoh, tahap pertama, Anda pastikan rumah sudah tertutup rapat dan bisa digunakan walaupun belum ada lantai atau belum dicat. Belum juga ada perabotan yang lengkap. Untuk tahap seperti itu, tidak perlu waktu yang lama untuk memiliki rumah seperti itu.

Gambling

Membeli rumah KPR dengan membangun rumah sendiri itu gambling. Jika Anda membeli rumah KPR, maka Anda bertaruh dengan nasib. Anda harus pastikan Anda bekerja terus menerus dan tidak kehilangan pekerjaan agar Anda bisa melunasi hutang rumah KPR.

Begitu juga dengan membangun rumah sendiri. Walaupun sudah ada hitung-hitugannya berapa budget yang harus Anda keluarkan, sangat sering terjadi di mana biaya membangun rumah jauh lebih mahal daripada budget yang sudah ditetapkan di awal. Hal ini terkait dengan perubahan-perubahan yang mungkin saja terjadi ketika proses pengerjaan.

Jadi, keputusan ada di tangan Anda. Memang secara umum, Anda tidak perlu repot jika memilih untuk membeli rumah KPR. Tinggal bawa DP dan Anda bisa memakai rumah tersebut bersama pasangan Anda.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0