Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Kalau Jakarta punya Bandara Soekarno Hatta, Makassar juga memiliki bandara Internasional yaitu Bandara Sultan Hasanuddin. Selain Makassar Hotel yang telah banyak tersedia dikota ini dengan berbagai jenis dan Tipe Kamar Makassar Hotel, ternyata kota ini juga telah memiliki Bandara udara Internasional yang dapat digunakan untuk penerbangan internasional. Bandara Sultan Hasanuddin pertama kali dibangun pada tahun 1935 oleh pemerintah Belanda pada zamannya. Bandara ini diresmikan pada 27 September 1937 dan digunakan pertama kali untuk penerbangan komersil yang menghubungkan Singapura menggunakan Douglas Aircraft D2/f6 perusahaan penerbangan Belanda KNILM (Koninklijke Nederlands Indische Luchtvaart Maatschappij).

Bandara Sultan Hasanuddin MakassarSetelah masa kemerdekaan tepatnya tahun 1950 pemerintah Indonesia dengan departemen Pekerjaan Umum mengambil alih bandara tersebut. Pada tahun 1955 Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memperpanjang landasan pacu 2.345m x 24m dan menggantinya namanya menjadi bandara Air Mandai. Pada tahun 1980 namanya kembali berubah menjadi Air Port Hasanuddin dan kembali berubah nama menjadi Bandara Embarkasi haji pada tahun 1981. Pada tahun 1985 sekali lagi bandara ini berganti nama menjadi bandara Hasanuddin hingga kini.

Pada tahun 1987 Bandara Hasanuddin pengelolaannya dipindahkan ke Perum Angkasa Pura dari Direktorat Jenderal Transportasi. Pada tahun 1993 status bandara berubah menjadi PT (persero) Angkasa Pura I. Akhirnya pada tahun 1994 bandara Hasanudin resmi menjadi bandara Internasional dengan keputusan Menteri Perhubungan, KM Nomor 61/1994. Pada Januari 1995 Bandara ini diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan dimana ditandai dengan penerbangan pertama oleh Malaysia Airlines dari Kuala Lumpur langsung ke bandara Hasanuddin Makassar. Lalu setelah itu diikuti oleh penerbangan Silk Air yang menghubungkan Singapura dengan Makassar.

Agustus 2008 Terminal baru Bandara Internasional Hasanuddin mulai beroperasi. Dimana terminal ini memiliki luas lima kali lebih besar dari bandara yang lama. Bandara ini dapat menampung pesawat jenis kecil hingga pesawat Boeing 747. Kini bandara ini memiliki landasan pacu 3100m, terminal penumpang yang memiliki kapasitas 7 juta penumpang pada setiap tahunnya.

Tentunya dengan adanya bandara Hasanuddin ini membuat transportasi menjadi semakin mudah baik perjalanan dari dan menuju Makassar. Bandara Internasional ini juga memudahkan penerbangan yang menghubungan jalur penerbangan internasional.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0