Bahaya yang Terdapat pada Baju Bayi

Bagi para ibu yang sedang memiliki bayi atau calon ibu sebaiknya hati-hati dan jeli dalam memilih baju untuk bayi. Baju Bayi merupakan salah satu kebutuhan bayi yang penting dan pasti sangat dibutuhkan. Namun ada hal penting yang ibu ketahui dalam memilih baju bayi unuk sang bayi tercinta. Seperti yang kita ketahui bayi masih sangat rentan akan terkena penyakit. Salah satu sumber yang dapat ditimbulkan berasal dari bahaya baju bayi yang dikenakan dimana merupakan resiko terdekat dengan sang bayi.

Bahan baju bayi

Ibu harus teliti dalam memilih baju dengan mengetahui hal penting sebelum memilih baju bayi seperti dalam pemilihan bahan untuk baju. Jangan memilih bahan yang panas atau kasar seperti yang terbuat dari bahan dari linen, jeans, atau parasut karena akan membuat bayi gerah dan mudah berkeringat. Keringat yang tidak terserap baju bayi akan membuat bayi mudah terkena penyakit kuli seperti gatal, biang keringat dan iritasi lainnya. Hati hati juga bila memilih bahan baju bayi yang terbuat dari wool karena dapat menyebabkan bayi alergi. Pilihlah bahan baju yang halus dan lembut seperti dari bahan katun.

bahaya baju bayiAksesoris baju bayi

Aksesoris baju bayi memang memang membaut bayi semakin lucu dan imut. Namun perlu diperhatikan untuk aksesoris ini. Jangan menggunakan aksesoris berlebihan yang dapat membahayakan sang bayi. Aksesoris seperti tali atau pita pada baju bayi dapat membuat bayi tersedak pada saat mereka memasukkan kedalam mulutnya. Bahan pewarna pada pita juga sangat berbahaya bila masuk dalam pencernaan bayi.

Kenyaman baju bayi

Kenyamanan baju bayi pada saat dikenakan sangatlah penting. Jangan hanya ingin agar bayi tampak lucu, ibu mengenakan baju yang tidak membuat bayi nyaman. Pastikan sang nyaman dengan bajunya, karena baju yang tidak nyaman dapat membuat bayi kesulitan bergerak dan panas sehingga bayi menjadi rewel dam cengeng.

Kebersihan baju bayi

Pada saat mencuci baju, ibu harus memilih detergen yang aman untuk kulit bayi yang masih sangat rentan. Jangan menggunakan detergen yang mengandung bahan kimia yang keras seperti yang terdapat pada detergen bubuk. Pilihlah detergen khusus pakaian bayi atau gunakan detergen cair yang lebih aman.

Dengan mengetahui artikel informasi tentang bahaya yang timbul dari baju bayi, ibu dapat mencegah dan melakukan pemilihan baju bayi yang tepat. Dengan demikian kesehatan sang bayi tercinta akan terjaga dan tumbuh kembang akan sehat. -db-

Share on Facebook1Share on Google+3Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0