Bahasa Inggris Anak Mudah dan Menyenangkan

Selain kemampuan membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa ibu, banyak orang tua yang menginginkan buah hatinya untuk dapat berbicara bahasa asing. Banyak ahli yang merekomendasikan orang tua untuk mengajari anak bahasa asing pada usia dini. Alasannya karena pada usia anak-anak, mereka lebih mudah untuk menyerap bahasa. Belajar bahasa Inggris dasar untuk anak-anak belakangan ini menjadi populer karena fakta ini. Belajar bahasa di usia dini juga akan membiasakan anak untuk dapat dengan mudah menangkap bahasa baru ke depannya.

belajar bahasa inggris dengan anak

pic: edu.kugroup.info

Tetapi, perlu diperhatikan juga karena memaksa anak untuk mempelajari bahasa yang tidak dia inginkan akan membuat kesan buruk terhadap bahasa tersebut dan akan mempersulit perkembangan belajar bahasanya ke depan. Berikut ada beberapa saran-saran yang dapat digunakan untuk membuat anak lebih menikmati belajar bahasa inggris.

  • Jangan paksakan anak untuk selalu menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi, terutama jika ia belum terbiasa. Walaupun menggunakan suatu bahasa adalah cara yang paling ampuh untuk menguasai bahasa tersebut, jangan sampai anak merasa terbebani dengan harus selalu berbahasa Inggris dan memandang belajar bahasa sebagai sesuatu yang menyulitkan.
  • Tunjukkanlah kepada anak bahwa orang tuanya senang menggunakan bahasa Inggris. Tunjukkan kepada anak Anda menikmati media-media berbahasa Inggris mulai dari musik, film, hingga buku. Anak biasanya senang mengikuti orang tua, maka berilah contoh berbahasa Inggris agar anak tertarik.
  • Jika anak masih sering kesulitan merespon dalam bahasa Inggris, gunakanlah bahasa Inggris untuk pertanyaan dan pernyataan yang tidak membutuhkan banyak respon lisan dari anak. Mulai dari perintah-perintah sederhana, pujian, observasi, dan pertanyaan-pertanyaan sederhana bisa menjadi opsi yang tidak membutuhkan anak untuk banyak merespon tetapi tetap mengasah pengertian anak.
  • Berilah anak media-media berbahasa Inggris yang mereka nikmati, dan jangan terlalu memaksa anak untuk memenuhi target dan ekspektasi yang terlalu tinggi.

Belajar bahasa Inggris penting, tetapi penting juga untuk anak tetap sering menggunakan bahasa ibu sendiri. Orang tua sebaiknya juga ikut untuk mengembangkan kemampuan berbahasa ibu anak agar seiring dengan perkembangan kemampuan berbahasa Inggris. (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0