Bagaimanakah Cara Memanfaatkan Kartu Kredit dengan Benar?

Apabila mendengar istilah kartu kredit, tentu saja pikiran Kita langsung tertuju pada aktivitas belanja, pembayaran praktis, tagihan dan hutang. Ya, memakai kartu kredit memang sangat praktis dan menguntungkan sebagai alat pembayaran ketika Kita dapat berbelanja tanpa harus menyediakan uang secara cash untuk membayar. Namun setelah transaksi menggunakan kartu kredit berjalan, tentu Kita wajib mengembalikan dana yang telah dipinjam dalam bentuk tagihan sesuai ketentuan dan prosedur yang telah ditentukan oleh pihak penyedia kartu kredit tersebut. Hal inilah yang seringkali membuat sebagian orang terjebak karena cara memanfaatkan kartu kredit yang diterapkan tidak tepat, kurang cermat, cenderung boros dan sembarangan.

kartu kreditAgar Kita tidak terlena dengan fasilitas kartu kredit yang Kita punya, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan membatasi penggunaan kartu kredit secara maksimal. Membatasi pemakaian kartu kredit dapat dilakukan dengan cara berikut ini, antara lain:

  • Buat tabel atau urutan prioritas untuk membagi kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya.
  • Batasi pemakaian kartu tiap bulan, misalnya transaksi cukup dilakukan satu atau dua kali per bulannya.
  • Gunakan hanya pada situasi tidak terduga dan mendesak.
  • Bedakan antara kebutuhan dan keinginan secara tegas.

Selain itu, tips memanfaatkan kartu kredit lainnya yang dapat dilakukan yaitu dengan membayar tagihan tepat waktu sesuai prosedur yang ditentukan. Jangan sampai pembayaran dilakukan melewati batas waktu yang diberikan karena dampaknya akan sangat merugikan. Pembayaran tagihan harus dilakukan tepat waktu guna menghindari adanya sanksi atau denda yang akan membengkakkan tagihan kartu kredit yang Kita punya. Semakin lama tagihan ditunggak, semakin besar pula hutang yang Kita punya.

Dalam memiliki kartu kredit, sebaiknya jumlah kartu yang Anda pegang cukup satu dan tidak ada tambahan supaya pengeluaran dan pemakaian kartu kredit lebih terkontrol dan terkendali. Dengan demikian, pemanfaatan kartu kredit yang Anda miliki juga akan terasa memuaskan dan memberikan pengaruh yang positif. Itulah beberapa cara memanfaatkan kartu kredit yang benar dan harus Anda terapkan saat ini supaya kepemilikan kartu kredit terasa menguntungkan tanpa rasa khawatir.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0