Apa Saja yang Ditanggung oleh Garansi Mobil?

Garansi MobilSurvei menyatakan bahwa hanya sedikit orang yang meluangkan waktu untuk membaca panduan garansi ketika membeli mobil baru. Padahal, panduan garansi ini sangat penting untuk mengetahui apa saja yang ditanggung oleh perusahaan dan mana yang tidak. Memang, ketika kita mengikuti program asuransi mobil yang bagus, pihak asuransi lah yang akan menjelaskan apa saja sih yang termasuk ke dalam garansi mobil. Dan ini bisa menjadi point penting saat memilih asuransi mobil, karena jika mereka mampu untuk memberi informasi jelas mengenai garansi, mereka juga mampu memberi informasi mengenai asuransi yang akan kita ikuti.

Lalu bagaimana jika kita tidak mengikuti program asuransi? Tentunya, kita sendirilah yang harus proaktif mencari tahu.

Nah, apa saja sih yang biasanya termasuk ke dalam garansi? Biasanya, garansi akan meliputi perbaikan dan penggantian tanpa biaya, jika cacat yang terdapat dalam mobil kita adalah hasil dari cacat manufaktur; jadi umumnya mencakup komponen mekanik dan juga listrik. Nah, agar garansi mobil kita tetap berlaku, tempellah jadwal servis dan pastikan bahwa buku servis mobil kita selalu dicap secara resmi.

Lantas, yang tidak masuk ke dalam garansi apa saja? Kerusakan pada bantalan, rem, wiper, lampu, kopling, dan lain sebagainya yang hanya berumur pendek biasanya hanya akan diperbaiki atau diganti jika klaim kita disetujui oleh perusahaan. Akan tetapi, kalau kita memilih untuk memodifikasi mobil selama garansi masih berlaku, biasanya akan menghambat proses garansi. Untuk itu, ada baiknya pelajari dulu dokumen garansi sebelum mendandani mobil kita.

Apakah garansi bisa diperpanjang? Biasanya, garansi pabrik untuk sebuah mobil baru biasanya hanya tiga tahun. Jadi, kalau mobil kita sudah lebih dari itu, kita harus membayar dana berlebih untuk perpanjangan garansi. Akan tetapi, ada harga ada barang. Meski harus mengeluarkan uang, yang penting mobil kita terjamin ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana dengan garansi mobil bekas? Beberapa produsen mobil menawarkan jaminan pindah tangan dari pemilik lama ke pemilik baru. Jadi, garansi tersebut bisa dipindahtangankan. Akan tetapi, semua ini balik lagi kepada kebijakan perusahaan. Jadi, jelilah sebelum membeli sebuah mobil bekas.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu, ya. Selamat mencoba!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0