Antisipasi Bakteri Di Rumah

Kebersihan adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan. Dengan membersihkan tubuh kita berusaha melindungi diri dari bakteri, virus, atau kuman yang menyebabkan penyakit. Berikut merupakan fakta-fakta mengenai konsep bersih yang selama ini berada di sekitar rumah kita dan beberapa diantaranya mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

bakteri1. Tempat-tempat bakteri
Bakteri yang berada di tempat cuci piring lebih banyak ketimbang bakteri yang berada di kamar mandi. Diperkirakan di lantai kamar mandi bterdapat dua juta bakteri per inci, sementara di tempat cuci piring terdapat 500.000 bakteri per inci. Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian di Long Island College Hospital di Brooklyn, New York, menunjukan bahwa tempat cuci piring lebih kotor daripada dudukan toilet. Hal ini disebabkan karena piring kotor dan perkakas rumah tangga merupakan lokasi yang cocok untuk berkembangnya bakteri E. coli dan salmonella.

2. Bakteri bisa terbang
Tidak semua bakteri langsung lenyap ketika kita menyiramnya di toilet. Jika kita membiarkan tutup toilet terbuka maka kemungkinan besar bakteri pada feses dapat melayang di udara dan menempel pada semua hal di kamar mandi. Termasuk juga menempel di sikat gigi dan peralatan mandi. Oleh karena itu sebaiknya sikat gigi dan peralatan mandi kita diletakkan di tempat tertutup demi terjamin kebersihan. Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa bakteri dari feses bisa melayang sejauh enam kaki.

3. Bakteri yang menyebar
Penelitian menunjukan bahwa mencuci pakaian justru bisa menyebarkan bakteri E.Coli dan bakteri yang berasal dari kotoran manusia (feses). Penelitian yang dilakukan oleh Dr Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi dari University of Arizona ini menunjukkan bahayanya bagi kita untuk mencampur pakaian dalam dengan pakaian lain di dalam mesin cuci. Hal tersebut bisa menyebarkan sekitar 100 juta bakteri E. coli pada semua pakaian.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0