Aneka Camilan Enak Ala Kota Bandung

Kota kembang Bandung tidak hanya terkenal dengan pusat wisatanya yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah saja. Namun, kota Bandung ini juga terkenal menyimpan beragam camilan unik yang rasanya begitu lezat. Saking lezatnya, membuat para wisatawan bahkan kalian yang sedang berkunjung di kota Bandung ini pun sangat tergila-gila dengan camilannya. Ketika kalian sedang menginap di Bandung hotel, tidak menutup kemungkinan kalian pun akan disuguhkan dengan beberapa camilan enak yang berasal dari kota Bandung ini.

cemilan-bandungHmm, kira-kira apa saja ya camilan enak ala kota Bandung? Yuks, mari disimak ulasannya di bawah ini:

  1. Cimol atau aci digemol. Cimol atau aci digemol merupakan salah satu camilan enak ala kota Bandung yang terbuat dari tepung kanji. Cimol sendiri berbentuk bulat kecil mirip dengan sebuah bakso. Biasanya, cimol digoreng layaknya bakso goreng atau lebih dikenal dengan nama basreng. Tapi, rasanya lebih kenyal dibanding basreng. Dan juga, camilan enak yang satu ini dibumbui layaknya basreng.
  2. Siomay merupakan camilan enak ala kota Bandung yang terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan sagu. Bumbu yang dijadikan sebagai penikmat rasa Siomay ini yaitu bumbu kacang yang dibuat kental mirip dengan bumbu pecel. Biasanya, camilan yang sangat enak ini dicampur dengan tahu kentang rebus, kol kukus, tahu goreng, dan lainnya.
  3. Peuyeum adalah camilan khas kota Bandung yang terbuat dari singkong, dan dibuat dengan cara difermentasikan. Camilan peuyeum sendiri lebih mirip dengan camilan tapai, namun perbedaanya peuyeum dimasak lebih kering dibanding dengan tapai. Dalam penyajiannya, peuyeum ini sudah dilengkapi dengan berbagai toping seperti keju, coklat, original, dan lainnya.
  4. Cireng atau aci digoreng. Sama dengan cimol, camilan yang satu ini juga terbuat dari tepung kanji. Namun, perbedaannya cireng dibuat lebih pipih dan di dalamnya diisi dengan bumbu kacang yang sangat lezat. Biasanya, camilan yang satu ini dimakan dengan sambel, saus manis, dan bumbu kacang.
  5. Combro atau disingkat dengan oncom dijero merupakan camilan khas kota Bandung yang terbuat dari parutan singkong. Camilan enak yang satu ini, dibuat bulat dan diisi dengan oncom yang rasanya lumayan pedas. Memakan camilan yang satu ini akan terasa nikmat, jika dimakan selagi hangat dan ditemani dengan secangkir kopi atau teh.
  6. Colenak atau lebih dikenal dengan cocol enak adalah salah satu camilan yang berasal dari kota Bandung yang terbuat dari singkong. Colenak sendiri merupakan revolusi dari camilan peuyeum yang dibuat dengan cara dibakar. Lalu, diberi parutan kelapa serta gula merah yang sangat kental.
  7. Siapa sih yang gak kenal dengan camilan seblak? Salah satu camilan enak ala kota Bandung yang terbuat dari kerupuk dan rasanya begitu pedas. Camilan enak yang satu ini, terdiri dari dua jenis dimana ada seblak kering dan seblak basah. Sekarang ini, camilan seblak sudah dicampur dengan banyak varian rasa seperti mie, batagor, macaroni, dan lainnya

Gimana nih? Kalian sudah mencicipi semua belum camilan enak ala kota Bandung? –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0