Alat Operasi Bedah Minor

Alat Operasi BedahAlat kesehatan yang digunakan untuk bedah minor tentunya berbeda dengan alat kesehatan yang biasa kita lihat di dalam ruang praktik dokter. Alat kesehatan ini bisa dengan mudah didapatkan di toko supplier alat kesehatan. Instrumen bedah minor terdiri atas empat fungsi yang berbeda, yakni untuk memotong, menggenggam, menghentikan pendarahan, dan juga menjahit. Keempat instrumen ini memiliki alat yang berbeda-beda pula. Berikut ini adalah pembagiannya.

Fungsi Memotong

Alat kesehatan dengan fungsi memotong terdiri atas pisau scalpel dan beragam jenis gunting.

  • Pisau Scalpel

Scalpel adalah pisau dengan ujung mata yang kecil dan tajam. Alat ini dipergunakan untuk memotong jaringan dan kulit. Scalpel biasanya dilengkapi pula dengan pegangan yang bisa mengangkat jaringan atau benda asing di dalam kulit.

  • Gunting

Gunting berfungsi untuk memotong atau mengiris sesuatu. Dalam operasi bedah minor, gunting yang digunakan terdiri atas gunting bedah atau gunting jaringan, gunting benang, gunting perban, dan gunting iris.

Fungsi Menggenggam

Dalam operasi minor, alat kesehatan yang berguna untuk fungsi menggenggam terdiri atas tiga alat yakni pinset anatomi, pinset cirrhurgis, dan klem jaringan.

  • Pinset Anatomi

Pinset ini digunakan sebagai pengganti jari saat operasi dilakukan. Sebab alat ini dapat menggenggam jaringan kecil, memindahkan, dan juga mengeluarkan jaringan dengan tekanan yang beragam.

  • Pinset Cirrhurgis

Fungsinya tidak jauh berbeda dengan pinset chirurgis yang dapat membentuk pola jahitan dan fungsi lainnya.

  • Klem Jaringan

Alat ini bermanfaat untuk memegang jaringan dengan tepat. Alat ini agak sulit untuk digunakan karena dapat merusak jaringan jika tidak hati-hati dalam melakukannya.

Fungsi Menghentikan Pendarahan

Untuk menghentikan pendarahan saat bedah, diperlukan alat yang bernama klem arteri. Klem arteri terdiri atas klem arteri lurus dan klem arteri bengkok (mosquito).

  • Klem Arteri

Klem arteri berfungsi untuk menghentikan pendarahan pembuluh darah kecil dengan cara menggenggam jaringan lainnya dengan tepat. Klem ini terdiri atas klem arteri lurus dan bengkok. Di antara kedua klem ini, yang lebih cocok untuk digunakan dalam bedah minor merupakan klem bengkok. Ujung klem bengkok berfungsi untuk membantu pengikatan pembuluh darah.

Fungsi Menjahit

  • Needle Holder

Needle holder dan klem arteri berbentuk hampir sama. Akan tetapi, needle holder berfungsi sebagai pemegang ketika terjadi penjahitan.

  • Benang Bedah

Benang bedah dibedakan menjadi dua yakni absorbable dan non-absorbable. Benang yang absorbable digunakan untuk jaringan lapisan dalam yang dapat mengikat pembuluh darah dan digunakan untuk bedah minor. Sementara itu, benang non-absorbable digunakan untuk jaringan tertentu dan harus dihilangkan.

  • Needle

Tidak jauh berbeda dengan jarum benang yang biasa digunakan untuk menjahit, needle bedah digunakan untuk tempat insersi benang. (Tr)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0