Agar Tanaman di Dalam Ruangan Tidak Cepat Mati

Untuk menambah kesegaran di dalam apartment mega kuningan Anda, memajang pot berisi tanaman hijau rasanya bisa menjadi pilihan. Sebab selain sedap dipandang, tanaman ini membuat ruangan lebih sejuk dengan adanya sentuhan hijau di dalam ruangan. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin memajang tanaman di dalam ruang, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini. Merawat tanaman di dalam ruang berbeda dengan merawat tanaman di luar ruang sehingga perlu menjadikan hal di bawah ini sebagai bahan pertimbangan.

  1. tanaman-dalam-ruanganJangan pilih tanaman berbunga. Memang, tanaman yang memiliki bunga bisa terlihat lebih cantik dan sedap dipandang. Hanya saja, tanaman yang berbunga cenderung lebih cepat mati dibanding tanaman hijau yang berdaun. Sebab kuncup bunga lebih cepat busuk jika tidak terkena sinar matahari dan itu akan mengurangi estetika tanaman.
  2. Pilih-pilih pot untuk menanam di dalam ruangan. Pot yang berada di dalam ruangan berbeda dengan pot untuk di luar ruangan. Pot untuk indoor biasanya memiliki tatakan di bawahnya untuk menampung air agar tidak mengalir keluar pot saat disiram. Jadi, belilah pot dengan piringan tatakan di bagian bawah pot agar tidak mengotori ruangan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan genangan air di tatakan agar tidak mengundang nyamuk, ya!
  3. Biarkan tanaman menghirup udara segar di luar ruangan satu kali seminggu. Di akhir pekan, keluarkan semua tanaman di dalam ruangan dan jajarkan di halaman. Tanaman juga membutuhkan cahaya matahari dan juga udara bebas agar pertumbuhannya tetap optimal dan tidak terganggu.
  4. Jangan disiram setiap hari. Tanaman yang berada di dalam ruangan akan lebih lama kering ketika disiram dibandingkan dengan tanaman yang berada di luar ruangan. Untuk itu, agar tanaman tidak cepat busuk, Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari. Siramlah tanaman setiap dua hari sekali dan periksa pertumbuhannya. Gunakan spray alih-alih gayung ketika menyiram agar tidak over-watered.

Selain empat tips di atas, peletakkan tanaman juga harus diperhatikan ya. Agar pertumbuhannya tetap optimal, letakkan tanaman di dekat cahaya matahari seperti di balkon atau dekat jendela. Selamat mencoba, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0