8 Inspirasi Open-plan untuk Ruangan di Rumah Anda

Open-Plan atau konsep ruang terbuka di rumah banyak diaplikasikan di Indonesia yang beriklim tropis. Konsep ini menghilangkan batas ruang, namun tetap rancangannya tetap memperhatikan tentang fungsi dari ruangan itu sendiri. Tipe ruangan ini banyak ditemui di rumah dijual di Jakarta Selatan dan juga kota-kota lainnya.

interior-open-planUntuk anda yang ingin mengaplikasikan konsep ruangan ini di rumah, silakan ikuti beberapa tips Dean open-plan di rumah berikut.

Pembatas Fleksibel

Pembatas dari kayu ada yang memiliki model terbuka sehingga menciptakan konsep open-plan. Ketika ditutup, pembatas dapat memberikan privasi dan menjadi penolak saran, saat dibuka partisi dapat memberikan kesan terbuka.

Pusat Perhatian

Bedakan dua titik fokus antar ruangan. Misalnya, konsep open-plan ruang keluarga dan dapur dapat dibedakan dengan menjadikan TV sebagai pusat perhatian ruang keluarga, dan lemari es sebagai pusat perhatian dari dapur.

Folding Door

Pintu lipat dari kaca dapat menjadikan ruangan seakan terbuka padahal tidak juga. Walaupun ditutup, ruangan masih terasa seperti satu ruang dengan ruangan sebelah.

Warna Senada

Warna yang digunakan pada tiap ruangan yang berkonsep open-plan haruslah memiliki warna yang senada. Dengan begitu, ruangan akan menjadi terasa seperti satu ruangan besar. Cobalah untuk memilih warna yang sesuai namun tidak membosankan.

Warna-warna tidak hanya melulu soal warna dinding. Penting juga untuk menyelaraskan warna dari furnitur yang digunakan di tiap ruangan yang ada.

Dinding Balustrade

Dibandingkan menggunakan tembok penuh, anda bisa mengaplikasikan pembatas setengah ruangan. dengan begitu, batas antar ruangan terasa, namun ruangan tidak akan terasa sempit.

Jendela Interior

Menggunakan dinding dapat membuat ruangan menjadi lebih sempit. Maka dari itu, Anda bisa juga mengaplikasikan jendela besar sebagai pembatas tiap ruangan untuk menampilkan kesan terbuka.

See-trough

Pembatas seperti dinding, lemari, dan juga pembatas lain yang dapat melihat ke bagian seberang ruangan dapat membuat ruangan menjadi lebih luas seakan tanpa batasan.

Lantai

Anda juga dapat membedakan ruangan satu dengan lainnya dengan memainkan lantai. Atur ketinggian lantai yang berbeda. Walaupun bernuansa sama, orang akan menyadari bahwa ruangan tersebut berbeda dari perbedaan ketinggian dari ruangan itu.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0