7 Tips Mencegah Mual Setelah Makan

Banyak orang yang merasakan mual setelah selesai makan. Biasanya, mereka akan menganggap bahwa adanya ketidakberesan dengan produksi asam lambungnya sehingga segera mengonsumsi obat sebagai cara menurunkan asam lambung. Memang, produksi asam lambung yang berlebih bisa menyebabkan sakit maag kambuh sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan mual. Namun, mengonsumsi obat terus menerus tentu tidak baik karena akan menimbulkan efek samping pada kesehatanmu.

mual setelah makanNah, daripada kamu harus mengonsumsi obat untuk mengatasi mual, kenapa tidak coba mencegah munculnya mual setelah makan, yaitu:

  1. Aturlah porsi makanmu. Daripada kamu jarang makan, tapi sekalinya makan dengan porsi besar hingga berlebih, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit tapi sering.
  2. Makanlah dengan tenang dan tidak terburu-buru. Pasti pernah dengar aturan mengunyah minimal 32 kali? Sebenarnya, hal tersebut sangatlah penting untuk membantu proses pencernaanmu agar berjalan dengan lancar.
  3. Berikan jeda waktu antara minum dengan makan. Di sarankan, untuk tidak meminum apapun selama makan, dan minumlah sekitar 30 menit sebelum dan sesudah makan. Sebab, air yang masuk ke dalam tubuh saat makan, dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dan juga dapat membuat perut terasa kembung.
  4. Hindari mengonsumsi makanan yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung. Seperti makanan berlemak, pedas, dan asam. Seandainya kamu menyukai makanan-makanan tersebut, maka usahakan agar mengonsumsi makanan tersebut secara tidak berlebihan.
  5. Meskipun makanan yang tinggi serat baik untuk kesehatan, namun jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan tetap memberi efek tidak baik. Khususnya jika kamu sedang mengalami masalah pencernaan seperti flu perut. Sebab, makanan tinggi serat akan membuat lambungmu bekerja lebih keras untuk mencernanya.
  6. Beristirahatlah sejenak setelah selesai makan. Biarkan tubuhmu mencerna makanan terlebih dahulu sebelum memulai beraktivitas kembali.
  7. Hindari mengonsumsi makanan yang memicu munculnya rasa mual, khususnya jika kamu sudah merasakan kurang nyaman pada bagian pencernaan. Misalnya seperti telur, ikan, atau makanan yang berbau menyengat.

Jika kamu masih merasakan mual setelah menerapkan beberapa cara di atas, cobalah untuk mulai memperhatikan kondisi tubuhmu. Jika mual hanya datang sesaat dan juga tidak selalu setelah makan, maka hal tersebut masih terbilang wajar. Namun, jika kamu merasakan mual selalu setiap kali setelah makan, maka ada baiknya segera periksakan masalah ini ke dokter. Sebab, bisa jadi mual yang kamu rasakan diakibatkan adanya masalah kesehatan pada pencernaanmu. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0