7 Kuliner Halal Thailand yang Wajib Dicoba

Khusus buat kamu yang memiliki rencana untuk traveling ke Thailand, coba tentukan dulu itinerary kamu. Kalau wisata kuliner masuk ke dalam daftar, terlebih lagi wisata kuliner halal berarti kamu wajib menyimak daftar kuliner halal berikut yang bisa kamu temukan di sana.

pasar apung di Thailand

(Foto: Harvey Enrile/ Unsplash)

Memang, meskipun bahan-bahannya masuk dalam kategori halal, pasti ada saja rasa khawatir akan proses pengolahan makanan tersebut. Itu semua tergantung kamu, memilih untuk membeli di mana. Sekarang sudah banyak sekali kok kedai atau pun restoran yang menyajikan makanan halal lengkap dengan sertifikasinya.

Bahkan kamu dapat dengan mudah mengenali restoran halal tersebut karena biasanya terletak di kompleks atau blok khusus penjual makanan halal di sana. Tepatnya di daerah Ratchadamri Road bahkan di Pasar Chatuchak.

Nah, berikut ini adalah tujuh kuliner halal di Thailand yang wajib kamu coba.

Tom Yum Goong

Ini sih pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita masyarakat Indonesia. Bahkan sudah banyak sekali restoran khas Indonesia yang justru menyajikan makanan khas Thailand yang satu ini. Tapi, kita tentu harus menyempatkan diri setidaknya sekali seumur hidup untuk mencoba Tom Yum dari negara asalnya.

Tom Yum Goong adalah makanan berkuah yang hampir menyerupai sup, hanya saja kuahnya lebih pekat sedikit. Sensasi yang akan dirasakan ketika memakan hidangan ini pasti adalah gurih yang bercampur rasa asam, pedas rempah, dan aroma khas yang segar rasanya.

Panang Gai

Panang gai atau yang juga dikenal dengan sebutan panang curry adalah masakan khas Thailand yang berupa kari. Rasa yang ditawarkan sajian ini adalah rasa pedas dan segar karena campuran perasan jeruk purut. Namun, berbeda dengan kari lainnya, Panang Gai memiliki rasa yang lebih ringan. Panang Gai berbahan dasar utama daging sapi, atau biasanya khusus buat para vegetarian bisa digantikan dengan tahu.

Kao Na Phet

Bagi kalian pecinta hidangan yang berbahan dasar bebek pasti akan langsung jatuh cinta dengan Kao Na Phet, sajian kuliner bebek panggang khas Thailand. Tidak hanya langsung disajikan begitu saja, Kao Na Phet biasanya dinikmati dengan sup bebek. Meskipun rasanya tidak jauh berbeda dengan bebek panggang di Indonesia

Mango Sticky Rice

Mango sticky rice rasanya harus menjadi makanan yang ada dalam daftar ketika kita akan melakukan wisata kuliner di Bangkok. Mango sticky rice adalah makanan penutup yang dibuat dengan beras ketan putih dan dihidangkan bersama potongan mangga manis. Rasanya tambah gurih karena dilengkapi dengan siraman santan yang kental.

Gaeng Keow Wan

Saat kamu mengunjungi Thailand, kamu akan menyadari betapa kayanya panganan yang berciri khas kari di negara gajah putih tersebut. Gang Keow Wan atau yang juga terkenal dengan sebutan Green Thai Curry adalah makanan olahan kari yang patut dicoba saat berwisata kuliner halal di Thailand.

Bedanya dengan Panang gai adalah bahan utamanya, yaitu ayam dan terong. Makanan ini akan sangat lezat ketika disantap selagi hangat.

Gaeng Som Pak Ruam

Agak rumit ya memang nama makanan yang satu ini. Makanan ini adalah Makanan ini juga sering disebut Thai Sweet and Sour Vegetable Soup. Kuahnya yang agak bening meski diberikan sedikit bumbu kari bersatu padu dengan beragam sayur mayur.

Sebenarnya, ketika membuat Gaeng Som Pak Ruam tidak harus selalu berisi sayuran saja. Jika berselera juga bisa ditambahkan dengan seafood seperti udang atau potongan cumi.

Gaeng Massaman

Gaeng Massaman dipercaya adalah kuliner warisan dari bangsa Persia. Makanan ini juga tidak luput dari bumbu kari seperti kuliner-kuliner di atas yang kita bahas sebelumnya. Tidak jauh berbeda dengan Gaeng Keow Wan dan Gaeng Som Pak Ruam, Gaeng Massaman ini juga patut dicoba oleh kamu yang suka sekali dengan panganan berbahan dasar ayam dibalut dengan bumbu kari yang khas akan santan.

Itulah tadi tujuh kuliner halal yang wajib dicoba ketika kamu berkunjung ke Thailand. Dari beragam penjelasan itu, kita bisa lihat kan kalau kuliner khas di negara tersebut rata-rata berbumbu kari. Tidak heran, karena memang wilayah Thailand sangat dekat dengan India dan sekitarnya yang terkenal akan kekayaan olahan karinya.

Bisa kita lihat juga kalau pengaruh makanan halal tersebut kebanyakan dibawa oleh budaya Persia dan bangsa Gujarat yang rata-rata memiliki olahan pangan yang berbalut santan.

Bagaimana, apa kamu sudah semakin ingin mengunjungi Thailand dan sekitarnya untuk mencoba kuliner khas Thailand? Yuk, segera persiapkan barang-barang perlengkapan traveling kamu dan jangan lupa untuk reservasi tiket pesawat.

Jangan lewatkan juga kesempatan mendapatkan tiket pesawat murah promo dari Reservasi.com. Segera cek sekarang, dan pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan ini. Sampai jumpa di Thailand!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0