6 Tips Liburan Selama Bulan Puasa

Sedang bikin rencana untuk liburan di saat puasa? Kenapa tidak.

Ibadah puasa memang sudah seharusnya diselingi dengan hal-hal positif. Akan lebih baik lagi kalau hal positif tersebut adalah kegiatan yang kita sukai. Sudah membuat hati riang, bisa dapat pahala pula. Terdengar menyenangkan pastinya. Nah, salah satunya adalah liburan di bulan Ramadan.

menunggu kereta

Foto: Pexels

Apalagi, liburan saat puasa bisa membuat waktu demi waktu berlalu tanpa terasa. Siapa tahu juga, melakukan traveling pada saat yang bersamaan dengan bulan Ramadan bisa memberikan makna yang lebih saat menjalankan ibadah puasa.

Memang sih, bulan Ramadan identiknya dijalani bersama keluarga tercinta. Tapi, tidak ada salahnya kan mencoba pengalaman baru, barang seminggu atau dua minggu mencoba berpuasa di lingkungan yang baru.

Nah, kalau sudah punya niat nih untuk berlibur di kala puasa, ada tips-tips yang bisa kamu ikuti agar liburan selama puasa berjalan lancar.

  1. Sahur berkualitas

Ini adalah poin pertama yang paling utama saat akan menjalani traveling ketika puasa. Sahur yang baik akan menjadi penentu kegiatan yang akan kamu lalui sepanjang hari. Usahakan untuk memiliki sahur yang berkualitas dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi.

Jenis makanan yang kamu makan kalau bisa adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi jadi bisa menjadi bahan bakar energi nanti. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih yang cukup, susu, dan juga suplemen tambahan.

Yang terpenting, konsumsi asupan nutrisi yang seimbang supaya tubuh penuh stamina selama liburan. Jadi, liburan di saat puasa di bulan ramadan bisa tetap berkesan.

  1. Menentukan destinasi

Selanjutnya adalah poin yang juga menentukan lancarnya aktivitas traveling kamu. Tentukan destinasi yang sekiranya tidak akan menguras banyak energi. Misalnya, kamu bisa saja melakukan wisata yang bertema sightseeing.

Atau kalau memang destinasi impian kamu hanya menawarkan aktivitas traveling yang membutuhkan banyak energi, kamu bisa menjadwalkan untuk datang setelah waktu berbuka puasa. Pilih destinasi yang sesuai dengan tujuan kamu, apakah ingin merasakan bulan Ramadan yang lebih meriah, atau ingin merasakan puasa sebagai kaum minoritas.

Destinasi liburan yang kamu pilih juga baiknya memiliki udara yang sejuk, karena seperti kita tahu kalau cuaca panas bisa menguras cairan tubuh dengan cepat. Jika sudah begitu, tubuh bisa cepat lemah dan lesu. Percayalah, keadaan yang seperti itu bisa mengacaukan acara liburan kamu yang seharusnya bisa bersenang-senang.

  1. Membawa alat ibadah

Saat liburan selama bulan ramadan, penting bagi kita untuk mengingat ibadah lainnya juga. Ya namanya bulan penuh kebaikan, kita harus selalu melakukan ibadah dengan maksimal, kan. Karenanya, membawa alat ibadah harus selalu dilakukan. Baik itu sajadah, sarung atau mukena penting untuk selalu ada dalam tas kamu selama bepergian.

Terkadang, di beberapa destinasi sangat sulit untuk mencari tempat beribadah. Oleh karena itu, sajadah, sarung atau mukena bisa digunakan untuk salat di tempat darurat.

  1. Mencari masjid di sekitar

Ini juga penting kamu lakukan sebelum sampai di tempat liburan. Mencari masjid bisa membantu kamu untuk tahu kapan waktu berbuka, waktu sahur, ataupun waktu solat lainnya. Dengan mengetahui letak masjid juga kamu bisa berkesempatan menjalankan ibadah salat tarawih di tempat yang berbeda. Seru, kan kalau suatu saat kamu mendengarkan ceramah dalam bahasa Inggris.

Ketika sudah tahu letak masjid, kamu juga jadi tidak merasa sendirian. Seolah-olah nanti kamu bisa bertemu saudara jauh yang bisa memberikan nilai tambah dalam ibadah puasa kamu.

  1. Selalu sedia bekal air minum

Menyediakan bekal air minum akan memudahkan kamu untuk berbuka puasa tepat waktu. Kita kan tidak pernah tau kalau suatu waktu tersasar dan sulit untuk mencari minimarket atau kedai penjual minuman dan makanan.

Dengan menyediakan bekal air minum, bisa juga kamu jadikan sebagai air wudhu agar bisa salat waktu di saat yang darurat jika keadaan tidak memungkinkan untuk tayamum.

  1. Sediakan uang sedekah

Kamu pasti tahu kan, kalau selama bulan puasa atau bulan Ramadan semua amal baik akan dilipatgandakan. Makanya, sediakan uang sedekah di tempat yang mudah diraih. Kenapa? Supaya sebisa mungkin saat bersedekah tidak ada yang melihat kamu melakukannya. Masih ingat kan pepatah “ketika bersedekah dengan tangan kanan, jangan sampai tangan kiri melihatnya”.

Sedekah juga bisa membuat ibadah kamu di bulan ramadan semakin disempurnakan.

Sudah tahu kan sekarang apa saja yang perlu disiapkan untuk liburan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Cukup mudah juga pastinya untuk mengikuti semua itu. Yang terpenting selalu jaga kesehatan tubuh dan pikiran selama perjalanan agar keluarga di rumah juga tenang.

Supaya kamu juga bisa liburan dengan tenang lakukan booking tiket online pesawat di Reservasi.com sejak jauh-jauh hari. Setelah itu cari hotel murah online di destinasi yang akan kamu tuju. Sehingga, kamu tidak akan kehabisan tiket maupun kamar selama liburan. Jadi, semua bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0