6 Tips Bersihkan Mesin Mobil

Membersihkan bagian komponen mesin mobil memang tidak bisa disamakan dengan cara melakukan permbersihan pada bagian interior maupun bodi mobil. Sebab, jika melakukan kesalahan sedikit saja, maka akan langsung menyebabkan terjadinya korsleting pada mesin mobil, bahkan bisa mengakibatkan rusaknya bagian komponen kelistrikan yang ada di mobil. Tidak hanya itu, jika saat pembersihan ini Anda melanjutkan sesi ganti oli mobil dengan oli mesin terbaik, namun masih tetap membuat kesalahan tentu akan berakibat fatal pada bagian mesin mobil.

membersihkan mesin mobilMaka dari itu, ketika berniat untuk membersihkan bagian mesin mobil, ada baiknya Anda harus memerhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu. Apa saja ya? Dikutip dari kompas.com, berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Pada saat membersihkan mesin mobil ini, terlebih dahulu Anda harus memastikan suhu pada bagian mesin dalam kondisi hangat, bukan dingin bahkan panas. Apabila mesin terasa dingin, Anda bisa memanaskannya selama satu menit. Namun, bila dalam keadaan panas, maka sebaiknya Anda harus menunggu sampai mesin tersebut hingga bersuhu hangat.
  2. Setelah itu, Anda harus mencabut kunci mobil supaya mobil benar-benar dalam keadaan mati.
  3. Apabila sudah, selanjutnya Anda bisa menutupi bagian komponen yang terbilang penting di bagian mobil memakai alumunium foil ataupun plastik. Misalkan, Anda menutupi lubang keluar masuknya udara pada mobil, yang bertujuan untuk mencegah supaya tidak terjadi water hammer apabila lubang ini kemasukan air.
  4. Berikutnya, Anda bisa langsung membersihkan bagian permukaan mesin dengan menggunakan alat yang aman untuk pembersihan. Seperti misalnya, memakai sikat gigi, kuas, dan sebagainya. Dan saat melakukan pembersihan, pastikan Anda mencampurkan detergen dengan air supaya permukaan mesin terlihat lebih kinclong.
  5. Kemudian Anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih. Akan tetapi, untuk menghindari supaya tidak terjadi kerusakan, sebaiknya bilaslah bagian komponen mesin ini memakai kain lap dengan tekstur atau bisa dengan menggunakan air dengan cipratan kecil.
  6. Jika Anda selesai membilas komponen tersebut dengan air bersih, maka terakhir Anda bisa kembali membuka plastik penutup yang menutupi bagian terpenting di mesin mobil.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara membersihkan mesin kendaraan yang baik dan benar. Cara ini juga bisa dilakukan sebagai upaya saat kendaraan, baik mobil maupun motor ditinggalkan dalam waktu yang lama tetap aman. Semoga membantu. –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0