6 Tips Agar Pilek Cepat Sembuh!

Musim hujan seperti sekarang pastinya akan membuat siapa pun mudah terserang penyakit. Meski sudah minum obat herbal daya tahan tubuh, kamu tetap saja bisa terserang flu atau pilek. Bagaimana tidak, hujan turun setiap hari tanpa aba-aba dan cuaca yang tidak menentu membuat daya tubuhmu lemah. Nah, kalau kamu sedang pilek, agar aktivitas terganggu dan bisa cepat sembuh, ikuti cara ini, ya:

  1. sakit fluSaat pilek, keinginan untuk tidur sepanjang hari memang tidak bisa dihindarkan. Meskipun begitu, sempatkan untuk berjemur di pagi hari agar tubuhmu terkena sinar matahari. Sinar matahari pagi bisa membantu melancarkan sirkulasi darah serta membantu agar kamu cepat sembuh dari pilek.
  2. Mandi dengan air hangat. Kamu terbiasa mandi dengan air dingin? Nah, saat kamu sedang pilek, biasakan untuk mandi dengan air hangat, ya. Hal ini dimaksudkan agar tubuhmu lebih rileks dan lebih nyaman. Mandi dengan air hangat juga akan membuat tidurmu lebih nyenyak.
  3. Konsumsi makanan yang bernutrisi. Meski nafsu makan berkurang saat pilek, bukan berarti kamu bisa mengabaikan kebutuhan nutrisi dalam tubuhmu. Kamu bisa mengonsumsi sayur dan buah segar agar nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi. Kalau malas makan, kamu bisa mengolah sayur dan buah menjadi smoothie atau dibuat menjadi salad.
  4. Hilangkan pusing dengan memijat beberapa titik wajah. Saat pilek, kamu akan merasa pusing di area kening dan merasakan hidung tersumbat. Nah, untuk mengatasi rasa pusing, kamu bisa memijat area kening dengan perlahan, di area batang hidung dan tulang pipi, serta di antara alis. Dengan begitu, rasa nyeri di kening pun bisa sedikit menghilang.
  5. Jangan olahraga terlebih dahulu. Jika selama ini kamu rajin berolahraga setiap hari, ketika sedang pilek sebaiknya hentikan dulu kegiatan ini. Sebab tubuh membutuhkan energi penuh agar bisa sembuh. Dan berolahraga justru akan membuat tubuhmu lebih lelah dan akan menghambat proses penyembuhan.
  6. Istirahat yang cukup. Terakhir, jangan lupa untuk istirahat yang cukup agar pilek bisa cepat sembuh. Biarkan tubuh beristirahat total dan jangan melakukan apa pun terlebih dahulu.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan agar pilekmu bisa cepat sembuh. Semoga bermanfaat, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0