5 Variasi Es Krim Dunia

Siapa sih yang gak suka eskrim. Apalagi, kalau lagi ada promo mobile banking buy 1 get 1 free atau promo lainnya di toko eskrim favorit, hmmm… sudah pasti deh jadi incaran. Yup, memang hampir semua orang menyukai dessert yang satu ini, khususnya ketika cuaca sedang panas. Menikmati es krim sudah pasti menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Konon es krim sudah mulai dinikmati bahkan sejak zaman sebelum masehi. Salah satu cerita dari beberapa temuan sejarah, ternyata es krim sudah dikonsumsi oleh Alexander Agung sejak di tahun 200 SM. Wow, sudah lama sekali ya. tapi tenang saja es krim yang sekarang kita konsumsi tentunya bukan lagi dibuat dari salju dan pastinya lebih bervariasi seperti macam-macam es krim di bawah ini.

  1. aneka jenis es krimGelato

Gelato merupakan es krim asli Italia yang dibuat secara home-made dengan susu, gula, kuning telur, dan air. Berbeda dengan es krim biasanya, tekstur gellato lebih padat dan memliki lemak yang lebih rendah.

  1. Sorbet

Lalu ada sorbet yang bahan dasarnya hampir sama dengan gelato. Hanya saja sorbet terbuat dari 50% buah asli dan tidak dibuat dengan susu dan kuning telur sehingga teksturnya pun less creamy.

  1. Es puter

Nah, kalau yang satu ini pasti sering kita temukan dimana-mana. Berbeda dengan es krim khas Italia, es krim asli Indonesia ini menggunakan santan sebagai bahan utamanya. Cara pembuatannyapun tradisional, diputar di dalam tabung yang diletakan di dalam es batu dan garam.

  1. Dondurma

Ada lagi es krim asal Turki yang bernama dondurma. Bahan dasarnya adalah susu, gula, salep dan mastic yang diambil dari tanaman anggrek ungu dan berguna untuk mengentalkan dondurma. Teksturnya yang padat dan elastis membuat dondurma disajikan dengan cara yang unik yaitu dengan tongkat besi yang dimainkan para pedagang sebelum es krim yang satu ini sampai di tangan pembeli.

  1. Kulfi

Kulfi merupakan salah satu jenis es krim asal India yang wajib dicoba karena citra rasanya yang khas. Berbeda dengan es krim ala barat, saffron atau rempah-rempah yang berasal dari bunga ditambahkan sebagai komposisi dari es krim ini. Kacang pistacio juga disertakan sebagai topping.

Bagaimana? Sudah mencicipi semua jenis es krim ini? (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0