5 Tips Praktis Hindari Koper Tertukar di Bandara

Apa yang Anda lakukan ketika mendapati koper Anda tertukar bahkan hilang di Bandara? Liburan Anda pasti sekejap akan berantakkan karena koper yang tertukar atau bahkan hilang. Untuk menghindarinya, Anda perlu menyiapkan langkah preventif agar liburan Anda tetap berjalan seperti rencana.

koper-di-bandara1 . Pilih Koper yang warnanya mencolok

Saatnya Anda memilih koper yang berbeda dengan yang dimiliki orang lain. Pilih koper yang memiliki warna mencolok sehingga berbeda dengan koper pada umumnya yang berwarna gelap. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih koper yang terbatas penjualannya sehingga tidak terlalu lumrah di pasaran.

  1. Gunakan tali penanda atau sarung koper dengan warna yang mudah dikenali

Jika Anda sudah memiliki koper favorit yang biasa Anda gunakan untuk traveling, tidak perlu khawatir. Masih ada cara lain agar koper Anda tetap mudah dikenali. Salah satunya dengan menggunakan tali strap dengan warna yang terang seperti warna hijau stabilo, orange atau warna putih.

Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki sarung koper dengan foto binatang kesayangan Anda atau tokoh idola Anda. Selain akan tampak berbeda, koper Anda juga akan dapat mudah dikenali dalam sekali pandangan saja.

  1. Buang semua label dari maskapai sebelumnya

Jangan berpikir bahwa mengoleksi label bagasi pesawat adalah hal keren dan membanggakan. Dengan banyaknya label bagasi dari maskapai penerbangan sebelumnya, justru akan membuat petugas bagasi terkecoh dan merasa bingung. Proses sortir pun akan menjadi lebih lama.

Sebelum berangkat, pastikan tidak ada label maskapai penerbangan sebelumnya. Bersihkan seluruhnya baik yang dilingkarkan pada handle koper ataupun yang ditempelkan dalam bentuk sticker. Pastikan tidak ada jejak label pada penerbangan sebelumnya agar tidak membingungkan petugas.

  1. Foto koper Anda sebelum berangkat

Upaya pencegahan lainnya, Anda bisa mengambil gambar koper Anda sebelum berangkat ke Bandara. Anda bisa melakukannya di rumah. Ambil foto bagian luar dan bagian dalam koper Anda. Fungsinya agar petugas akan lebih mudah mengidentifikasi jika koper Anda benar-benar hilang, tertukar atau sampai di tujuan yang berbeda.

  1. Pilih maskapai penerbangan terpercaya

Pesan tiket pesawat pada maskapai penerbangan yang sudah Anda percaya memiliki reputasi baik dalam mengurus bagasi penumpang. Tidak sedikit insiden yang membuat liburan menjadi berantakan karena koper tertukar, hilang bahkan tiba di tujuan yang berbeda. Jika sudah demikian penumpang yang akan dirugikan.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0