5 Tanda Persalinan Pada Ibu Hamil

Menjelang persalinan, memang menjadi masa dimana ibu hamil merasakan kekhawatiran yang teramat terlebih bagi yang baru pertama kali mengalaminya. Namun, sebenarnya ibu hamil tidak perlu mengkhawatirkan semua itu, sebab hanya dengan mengetahui tanda tanda persalinan via parentingclub.co.id ini maka persalinan pun bisa dilewati tanpa ada masalah. Di samping itu, apabila Anda sudah memahami semua tanda tersebut, tentu Anda bisa mempersiapkannya bersama dengan suami. Dengan demikian, dapat dipastikan Anda tidak akan lagi merasa khawatir ketika waktunya tiba.

tanda ibu melahirkanLantas, tanda seperti apakah yang harus diketahui ibu hamil sebelum persalinan? Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini hasil rangkuman dari klikdokter, cekidot:

  1. Terjadi kontraksi rahim. Memasuki periode persalinan, biasanya ibu hamil akan mengalami kontraksi di bagian rahimnya. Kontraksi rahim ini biasa terjadi saat usia kehamilan sudah mencapai angka 38 minggu. Kondisi ini biasa ditandai dengan terjadinya kontraksi pada ibu hamil, yang mana awalnya pelan lama kelamaan menjadi kuat dan bisa membuat ibu hamil kesakitan. Bahkan, parahnya lagi, dapat mengakibatkan ibu hamil tidak bisa beristirahat.
  2. Air ketuban pecah. Setelah terjadi kontraksi, umumnya akan keluar cairan berwarna putih bening dan tidak berbau atau lebih dikenal dengan cairan ketuban. Nah, jika cairan ini keluar, itu berarti ketuban ibu hamil pecah. Segera bawa ibu hamil ke dokter, sebab apabila tidak segera diatasi bisa mengakibatkan janin meninggal di rahim karena meminum banyak cairan dari air ketuban.
  3. Keluar lendir bercampur bercak darah. Mendekati persalinan akan keluar lendir yang bercampur dengan bercak darah. Ini disebabkan karena selama periode kehamilan, mulut rahim ibu hamil ditutupi oleh lendir dan apabila janin sudah waktunya keluar maka lendir ini bisa terlepas dari mulut rahim. Biasanya, lendir yang keluar ini berwarna kenyal hingga kental.
  4. Janin dalam rahim bergerak semakin pelan. Seiring bertambahnya usia kehamilan, umumnya janin yang ada dalam rahim mulai berkurang gerakannya. Ini diakibatkan karena janin sudah memasuki waktu melahirkan dan sudah berada di bagian panggul atas sehingga gerakannya pun mengalami pengurangan.
  5. Selangkangan terasa ngilu. Sebagian dari ibu hamil, biasanya merasakan ngilu di bagian selangkangannya akibat dari janin sudah mulai menurun mendekati bagian atas panggul. Maka dari itu, tidak heran jika banyak yang mengalami kondisi ini.

Itulah beberapa tanda persalinan yang bisa diketahui ibu hamil agar persalinan berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk menyiapkan segala sesuatu untuk kebutuhan ibu dan bayi setelah melahirkan nanti di rumah sakit seperti pakaian untuk ibu dan bayi. Persiapan ini bisa disiapkan 1 minggu sebelum perkiraan ibu akan bersalin nanti agar semua dapat dipersiapkan. Semoga bermanfaat ya, Bu! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0