5 Minuman Tradisional Indonesia yang Kaya Manfaat

Berbicara tentang minuman tradisional Indonesia hampir tidak akan pernah ada habisnya. Bisa dikatakan hampir disetiap daerah yang ada di pelosok Indonesia memiliki minuman tradisional sendiri-sendiri. Selain kaya akan kulinernya, yang menarik dari Indonesia adalah begitu beragamnya minuman tradisional yang dipercaya memiliki manfaat bagi tubuh para peminumnya. Bahkan jika Anda teliti, mungkin bisa puluhan bahkan ratusan minuman tradisional yang terdapat di Indonesia ini.

Namun untuk kali ini hanya akan diulas 5 jenis minuman tradisional Indonesia yang kaya akan manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. minuman-tradisional-stmjSusu Telur Madu Jahe (STMJ)

Dikalangan para pecinta minuman tradisional, pastinya sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Minuman yang terdiri dari susu telur madu dan jahe ini sangat pas jika diminum saat kondisi badan terasa lesu, lelah, dan lemas. Sebab STMJ ini memiliki kemampuan untuk memulihkan tenaga, menambah kekebalan tubuh, dan dapat menghangatkan tubuh juga.

  1. Wedang Jahe

Wedang jahe ini sangat cocok diminum terutama saat musim hujan. Sebab wedang jahe ini memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh Anda. Lebih dari pada itu, wedang jahe juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, resiko serangan jantung hingga dapat mencegah potensi terkena stroke.

  1. Wedang Ronde

Minuman tradisional di Indonesia yang satu ini akan sangat pas jika diminum pada saat Anda marasa tubuh sedang kurang fit.

  1. Bandrek

Minum tradisional dari Jawa Barat ini juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bandrek ini sangat cocok diminum pada saat musim hujan, sebab selain dapat menghangatkan tubuh, bandrek juga memiliki kemampauan untuk memperkuat sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh peminumnya.

  1. Bajigur

Minuman tradisional khas Indonesia selanjutnya yang kaya akan manfaat adalah Bajigur. Bajigur juga merupakan salah satu minuman tradisional khas Jawa Barat. Bajigur sendiri manfaatnya hampir sama dengan Bandrek tadi, yakni dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bajigur juga sangat cocok diminum pada saat musim hujan, namun tidak ada salahnya Anda juga meminumnya pada saat musim kemarau.

Bagi Anda yang merasa kondisi badannya kurang fit maka tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan minuman tradisional Indonesia yang terkenal banyak sekali manfaatnya ini.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0