5 Cara untuk Mengembangkan Usahamu

Kini hampir seluruh masyarakat Indonesia telah memilih jalan wirausaha sebagai kegiatan perekonomian mereka. Bagaimana tidak? Dengan berwirausaha Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya Anda tidak terikat jam kerja, Anda bisa tetap bekerja meskipun berada di luar kantor atau tempat usaha Anda, tidak perlu menerima perintah dari atasan, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dari berwirausaha. Namun sebaiknya Anda jangan senang dulu, karena dalam menjalankan wirausaha bukanlah hal yang mudah seperti yang ada dibayangan Anda. Semakin bagus produk yang Anda jual, semakin besar kemungkinan orang akan meniru produk yang Anda jual. Berikut ini adalah lima cara untuk mengembangkan usaha yang Anda miliki.

  1. meningkatkan-bisnisLakukan riset

Dalam membuat sebuah usaha, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengurangi resiko buruk yang dapat terjadi pada usaha yang sedang Anda jalankan. Riset yang perlu Anda lakukan yakni riset terhadap minat konsumen terhadap produk usaha, menentukan target konsumen, menganalisa kekuatan dan kelemahan kompetitor, serta melakukan riset pemasaran yang tepat.

  1. Buatlah innovasi baru

Buatlah innovasi baru agar produk milik usaha Anda bisa menyaingi pengusaha lain yang menjual produk yang sama. Anda bisa membuat desain packaging yang unik untuk menarik minat target konsumen, membuat promo, ataupun membuat produk baru yang sedang dibutuhkan di lingkungan sekitar.

  1. Manfaatkan teknologi untuk memasarkan produk

Anda harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat. Gunakanlah media pemasaran yang tepat dan sesuai dengan anggaran keuangan wirausaha Anda. Jika budget yang Anda miliki untuk memasarkan produk terbatas, Anda bisa memanfaatkan media sosial atau menyebarkan pamflet kepada masyarakat. Oleh karena itu, penggunaan teknologi seperti laptop sangat dibutuhkan dalam memasarkan produk karena dengan laptop Anda bisa mendesain sendiri media pemasaran tercetak usaha Anda sekaligus membuat media pemasaran melalui internet. Jika anda bingung untuk memilih laptop dengan harga terjangkau, MatahariMall menjual laptop Acer murah berkualitas yang akan membantu Anda dalam memasarkan produk usaha agar menjadi lebih dikenal oleh masyarakat.

  1. Analisis kompetitor

Menganalisis kompetitor sangat perlu untuk dilakukan karena dengan cara ini Anda bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing sehingga Anda dapat menyusun rencana baru untuk mengalahkan kompetitor usaha Anda.

  1. Jagalah kualitas produk

Jagalah kualitas produk usaha yang Anda jual. Strategi pemasaran yang bagus akan percuma dilakukan jika produk yang Anda jual memiliki kualitas yang buruk.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0