4 Teknik Penghematan Energy Industry!

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan energy industry merupakan konsumen energi terbesar sehingga diperlukan sumber energi lain selain yang sudah ada. Sumber energi seperti listrik dan lain sebagainya memang ketersediaannya semakin menipis. Perkembangan teknologi memungkinkan sebuah industri bisa melakukan penghematan terhadap konsumsi energi yang ada. Sehingga memungkinkan untuk menurunkan penggunaan energi agar lebih hemat dan mengurangi penipisan stock energi tersebut.

energi industriAda beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk menghemat pemakaian energi di kawasan industri. Adapun cara yang bisa diterapkan untuk menekan konsumsi industri energi antara lain:

  • Memasang alat yang berfungsi menstabilkan pemakaian energi seperti Distribution Automation System (DAS), dll,
  • Mengendalikan penggunaan energi listrik dengan menerapkan Demand Side Management (DSM),
  • Menggunakan pula Factory Energy Management System yang mampu membantu DSM yang diterapkan agar lebih sempurna,
  • Membuat infrastruktur yang berkualitas tinggi untuk bisa diterapkan di dalam kawasan industri mendukung kegiatan pada point di atas.

Kebutuhan akan energi yang cukup besar tentunya juga perlu dihemat agar keberadaan energi dari sumber daya alam yang sifatnya terbatas tetap ada. Penghematan ini bisa juga dikombinasikan dengan memanfaatkan sumber daya alam lain yang sifatnya lebih melimpah jumlahnya. Saat ini mulai diterapkan penggunaan sumber energi lain selain bahan bakar fosil yang aman bagi lingkungan dan kelebihan lainnya. Hemat penggunaan energy industry saat ini memungkinkan untuk dilakukan.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0