4 Penyakit yang Disebabkan Kolesterol

Agar tubuh sehat dan bebas dari kolesterol jahat, sudah sewajarnya kita menjalani pola hidup sehat. Meskipun sibuk sekalipun, cara hidup sehat untuk yang super sibuk tetap harus diterapkan. Mengapa demikian? Sebab, dengan hidup sehat, maka tubuh bisa terhindar dari serangan penyakit berbahaya dan kadar kolesterol di tubuh pun tidak akan mengalami peningkatan sekalipun tidak mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

bahaya kolesterolNamun, bagaimana jika kita tidak mengikuti pola hidup sehat ini, apakah dapat mempermudah meningkatkan kolesterol di tubuh dan memunculkan penyakit berbahaya? Sudah pasti jawabannya, ya! Ini disebabkan karena pola hidup kurang sehat yang dijalani bisa membuat lemak di tubuh malah semakin bertambah, sehingga tidak mengherankan jika tubuh pun lebih mudah terserang penyakit. Adapun beberapa penyakit tersebut diantaranya adalah sebagai berikut, dikutip dari klikdokter. Simak, yuks!

  1. Gagal Jantung. Sering mendengar jika ada penderita yang mengalami gagal jantung? Nah, gagal jantung ini sendiri terjadi akibat dari darah yang mengalir ke otot jantung mengalami penyumbatan akibat dari lemak tubuh menutupi peredaran darah tersebut. Keadaan ini pun bisa pula disebabkan karena terjadi pembentukan plak di pembuluh darah, yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang cukup tinggi di tubuh.
  2. Stroke. Hampir mirip dengan gagal jantung, dimana darah yang masuk ke otak tidak mengalir dengan sempurna karena pecahnya pembuluh darah sehingga mengakibatkan otak pun tidak mendapatkan asupan darah yang cukup. Maka dari itulah, terjadi stroke secara mendadak tanpa sepengetahuan penderitanya.
  3. Darah Tinggi. Tingginya kolesterol di tubuh, ternyata dapat mengakibatkan tubuh lebih mudah terserang penyakit darah tinggi. Hal ini karena pembuluh darah dalam tubuh berubah menjadi sangat keras dan kaku. Yang paling parahnya, jika tubuh sudah terserang penyakit satu ini, maka dapat menurunkan fungsi jantung karena terjadi perubahan struktur aliran darah menuju jantung.
  4. Nyeri Kaki. Munculnya penyakit nyeri kaki ini disebabkan karena terdapat plak di pembuluh darah. Biasanya, mekanisme penyakit ini muncul sebelum tubuh mengalami stroke ataupun serangan jantung.

Itulah sejumlah penyakit yang muncul jika kadar kolesterol sangat tinggi di tubuh. Semoga bermanfaat! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0