4 Minuman Pelancar ASI

Kekurangan ASI memang menjadi masalah paling serius yang dialami oleh ibu menyusui. Bagaimana tidak, ketika ASI kurang lancar, maka membuat asupan nutrisi yang diberikan kepada bayi pun menjadi berkurang. Inilah menjadi penyebab mengapa bayi bisa rewel dan sering menangis, jika tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari Ibu. Selain menghindari konsumsi hal yang dapat menghambat produksi ASI, penting bagi Ibu untuk selalu mengonsumsi berbagai minuman pelancar ASI yang kami rekomendasikan di bawah ini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya, check it out:

  1. ibu menyusuiSusu. Selama masa menyusui, Ibu sangat disarankan untuk mengonsumsi susu yang berasal dari sapi. Mengapa? Yap, ini karena pada saat menyusui bayi, Ibu akan kehilangan kalsium yang berperan penting untuk membantu tumbuh kembang bayi. Untuk itu, Ibu sangat dianjurkan untuk selalu mengonsumsi susu ini ketika menyusui. Selain itu, karena menyimpan berbagai zat nutrisi berupa kalsium, protein, asam folat, dan lainnya, membuat susu pun bisa dijadikan sebagai minuman untuk memperlancar ASI.
  2. Air putih. Siapa yang bisa menduga, jika air putih pun bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperlancar ASI ibu menyusui. Ini karena air putih berperan untuk menambahkan cairan dalam tubuh, sebab selama menyusui Ibu akan kehilangan banyak cairan, maka jika tidak dicukupi dengan mengonsumsi air putih dapat dipastikan Ibu pun akan langsung terserang dehidrasi yang bisa membahayakan bayi sekaligus tubuh Ibu. Jika dehidrasi sudah menyerang, tentunya akan berpengaruh pada kualitas ASI. Untuk itu, perbanyak minum air putih ketika menyusui ya, Bunda!
  3. Jus Semangka. Selain susu dan air putih, Ibu pun bisa melancarkan ASI dengan selalu mengonsumsi jus semangka. Sebab, dalam buah semangka ini tersimpan berbagai zat seperti vitamin, asam folat, dan kalium. Tidak hanya itu, tingginya kadar air di jus semangka ini pun bisa mengurangi dehidrasi yang biasanya akan muncul selama masa menyusui.
  4. Jus jambu air. Tersimpan kandungan kalsium, vitamin A sekaligus C, zat besi, dan fosfor, jus jambu air pun cocok digunakan untuk memperlancar ASI. Hal ini karena tingginya kadar air yang terkandung dalam buah satu ini, sehingga apabila ibu menyusui rutin mengonsumsi buah jambu ini maka tentu saja dapat menghindari supaya ASI tidak kurang.

Gimana? Ketika menyusui apakah Ibu sudah mengonsumsi beberapa minuman di atas? –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0