4 Jenis Alat Musik Petik

Coba sebutkan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik? Pasti banyak dari kamu yang menjawab gitar akustik. Bukan hal yang aneh memang, mengingat banyak sekali jumlah pemain gitar di berbagai daerah. Baik pemain gitar amatir yang hanya memainkannya untuk bersenang-senang, maupun pemain gitar profesional yang memainkan gitarnya secara profesional dan terus berusaha mengembangkan kemampuan bermainnya.

Nah, daripada kamu terus menjawab gitar ketika ditanyakan pertanyaan yang sama, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa alat musik petik, selain gitar. Apa saja yah?

  • alat musik petikGambus

Alat musik ini merupakan alat musik tradisional dari Timur Tengah. Namun, biasanya dimainkan suku Melayu yang tersebar di daerah Sumatera atau Malaysia, untuk mengiringi tarian yang bernuansa Islami, seperti tari Zapin. Selain itu, orkes gambus ini sering digunakan untuk mengiringi lagu berisi bahasa Arab atau solawat. Karena itulah, alat musik ini sering dikaitkan dengan Islam.  Alat musik ini memiliki senar paling sedikit berjumlah 3 dan paling banyak hingga 12 senar.

  • Ukulele

Meskipun bentuknya mirip seperti gitar, namun alat ini bukan gitar yah. Namanya adalah ukulele. Alat musik ini merupakan alat musik asli dari Hawai, dan ditemukan pertama kali pada tahun 1879. Karena bentuknya yang mirip dengan gitar berukuran kecil, alat musik ini sering disebut sebagai baby guitar atau bayi gitar.

  • Kecapi atau Kacapi

Di Indonesia, alat ini merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat, dan sering di sebut Kacapi. Alat musik ini sering dimainkan untuk musik instrumen, namun sering juga digunakan untuk mengiringi juru Sekar yang sedang melantunkan sebuah lagu. Saat ini, alat musik ini masih cukup aktif digunakan untuk mengiringi musik tradisional dari daerah Jawa Barat.

  • Harpa

Kamu yang sering menonton kartun tentang peri atau putri, mungkin pernah melihat alat musik ini. Biasanya alat ini digambarkan sedang dimainkan oleh peri, malaikat, atau sejenisnya.  Namun pada kenyataannya, biasanya alat ini dimainkan untuk mengiringi orkestra. Harpa berbentuk segitiga, dengan sudut yang mengecil di salah satu sisinya. Pada sisi inilah, seorang harpist (pemain harpa) akan memainkan alat musik ini. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0