3 Metode Belajar Bahasa Inggris

Sebelum kita mempelajari materi bahasa inggris untuk tingkat lanjutan, akan lebih baik jika kita belajar bahasa inggris dasar terlebih dahulu. Dengan mempelajari materi dasarnya, maka akan mempermudah kita untuk mempelajari bahasa ini lebih lanjut. Dalam mempelajari bahasa inggris dasar, kita bisa mempelajarinya sendiri secara otodidak, dengan guru private, ataupun melalui lembaga kursus. Ketiga metode belajar bahasa inggris ini, tentunya memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

  • bahasa inggrisBelajar otodidak

Sudah banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk belajar bahasa inggris secara otodidak, misalnya dengan memanfaatkan buku belajar bahasa inggris sendiri, atau melalui website yang menyediakan materi khusus untuk belajar bahasa inggris. Belajar bahasa inggris dengan cara ini memang sangatlah praktis dan murah, karena kita bisa belajar kapanpun dan hanya membutuhkan sedikit uang untuk membeli buku. Namun, kekurangan dari belajar dengan cara ini adalah, ketika kita menemukan kesulitan tentang suatu materi, kita akan bingung harus bertanya pada siapa. Selain itu, jika kita melakukan suatu kesalahan, bukan hal yang tidak mungkin kesalahan ini akan terus terbawa hingga ke tahap selanjutnya.

  • Guru Private

Belajar dengan guru private banyak dipilih oleh orang-orang yang memiliki waktu terbatas, karena biasanya kita bisa mengatur atau menyesuaikan waktu sesuai dengan waktu luang kita. Keuntungan lainnya yaitu, karena kita hanya belajar sendiri dengan guru private, maka kita akan bisa menyesuaikan materi yang dipelajari dengan materi yang kita butuhkan. Kita juga bisa bebas bertanya tentang materi apapun yang masih belum kita pahami. Namun, kebebasan ini terkadang justru membuat kita terlena, sehingga semangat belajar jadi sedikit berkurang. Selain itu, harga yang harus dibayarkan biasanya akan lebih tinggi dibandingkan belajar sendiri atau melalui lembaga kursus.

  • Lembaga kursus

Dilembaga kursus, biasanya kelas akan dibagi berdasarkan tingkat pemahaman siswanya. Karena itulah, bagi yang masih belajar bahasa inggris dasarpun tidak perlu takut ketinggalan materi jika belajar dilembaga kursus. Selain itu, aturan mengenai absensi dan adanya ujian kenaikan level akan membuat siswa lebih disiplin untuk rajin belajar di lembaga kursus. Belajar bersama teman daam satu kelaspun bisa meningkatkan semangat kita dalam mempelajari bahasa inggris. Namun, karena dalam satu kelas terdapat banyak siswa dan sudah terdapat aturan mengenai materi yang diajarkan per sesinya, sehingga kita harus mampu untuk mengikuti materi tersebut dengan baik. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0