3 Jenis Kulit dan Perawatannya

Merawat kulit wajah memang tidaklah semudah yang dipikirkan. Sebab, kulit wajah setiap wanita memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Seperti misalnya, ada yang memiliki kulit wajah berminyak, kering, kusam, berjerawat, bahkan berkomedo. Tentu melakukan perawatan untuk setiap jenis kulit ini, akan berbeda satu sama lain, sehingga tidak akan bisa dirawat hanya dengan menggunakan satu produk kosmetik saja. Untuk penggunaan sunblock pun terkadang harus dilihat dulu apakah cocok untuk pemakaian pada setiap kulit wajah atau tidak.

alpukat untuk kulitNah, agar nantinya ketika merawat kulit wajah tidak terjadi kesalahan, maka kami akan memberikan beberapa pembahasan mengenai tips merawat kulit wajah berdasarkan jenis kulit. Simak langsung, yuks!

  1. Kulit wajah berminyak. Memiliki kulit wajah berminyak, memang dapat membuat kita penderita mengalami kebingungan, lantaran kulit wajah selalu mengeluarkan minyak setelah melakukan banyak aktivitas padahal sudah menggunakan kosmetik dengan kualitas bagus. Untuk itu, rawatlah kulit berminyak ini dengan cara:
  • Menggunakan jeruk nipis dan lemon. Seperti yang kita ketahui, lemon sekaligus jeruk memiliki senyawa asam, yang bisa mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, dan mengontrol minyak yang keluar di wajah. Oleh sebab itu, penggunaan kedua bahan alami ini untuk merawat wajah berminyak sangat disarankan untukmu. Caranya? Cukup dengan mengambil satu buah lemon atau jeruk nipis, peras di dalam sebuah wadah. Kemudian, langsung diolesi ke wajah, tunggu beberapa saat baru cuci dengan air bersih.
  1. Kulit wajah kering dan kusam. Untuk kulit wajah kering dan kusam ini, biasanya ditandai dengan kulit wajah yang pecah-pecah, kasar, terkadang bisa meradang. Proses perawatan kulit wajah kering ini pun bisa dibilang cukup mudah, dimana;
  • Memakai masker alpukat. Dipercaya, masker alpukat yang diberi sedikit campuran madu pun ternyata ampuh untuk melembabkan kulit kering. Bagaimana cara memperolehnya? Tinggal menghaluskan daging buah alpukat yang diberi tambahan madu, dan aduk hingga membentuk adonan pasta. Selanjutnya, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 – sampai dengan 60 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, pakai masker ini secara rutin.
  1. Kulit wajah berkomedo dan berjerawat. Selain itu, terdapat pula kulit wajah berkomedo maupun berjerawat yang kadangkala cukup susah untuk dirawat. Namun, dengan menggunakan cara alami ini, maka komedo atau jerawat yang menempel pun bisa hilang dengan sendirinya.
  • Mengolesi putih telur. Campuran putih telur dan madu merupakan obat paling mujarab yang bisa menghilangkan jerawat membandel di wajah. Kedua campuran bahan ini dianggap memiliki kandungan nutrisi lengkap yang bisa mengangkat bakteri sekaligus sel kulit yang ada pada wajah. Gimana caranya? Dengan cara mengocok putih telur yang diberi tambahan madu, lalu langsung diolesi ke kulit wajah sembari dipijat lembut. Diamkan hingga 30 menit, lalu kamu bisa membersihkannya dengan air hangat.

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara merawat kulit wajah berdasarkan jenis kulit. –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0