3 Cara Kelola Sampah di Rumah Tangga untuk Cegah Polusi Air

Salah satu penyebab polusi air ialah keberadaan sampah yang menumpuk dan tidak dikelola dengan baik sehingga mencemari air dan lingkungan sekitarnya. Sampah satu rumah saja apabila tidak dikelola dengan baik akan menjadikan lingkungan mudah kotor. Apalagi jika dikalikan dengan keberadaan rumah yang ada di satu lingkungan, bahkan satu kota. Maka sangat penting sekali memahami dengan baik bagaimana mengupayakan agar sampah tidak berserakan dan mencemari lingkungan.

air bersihSalah satu upaya mencegah terjadinya polusi kebersihan air ialah dengan bijak menggunakan sesuatu yang akhirnya menjadi sampah. Berikut tips mengendalikan sampah terlalu banyak di rumah sendiri:

  1. Menggunakan bahan memasak secara teliti sehingga menggunakan bagian bahan makanan untuk bisa dimasak sebaik mungkin sehingga sampahnya lebih sedikit.
  2. Menyediakan tempat sampah di rumah, hal ini penting untuk membiasakan diri dan keluarga membuang sampah pada tempatnya.
  3. Pisahkan sampah sesuai jenisnya, apabila bisa dibakar maka sebaiknya dibakar atau dibuang ke tempat yang akan diambil oleh pengelola sampah kota.

Sampah yang banyak disebabkan oleh pola konsumsi yang tergolong berlebihan, sehingga jumlahnya pun semakin banyak. Sehingga mulailah dari sekarang untuk berbelanja segala kebutuhan yang memang dibutuhkan dan dalam jumlah yang cukup tidak berlebihan. Sebisa mungkin lakukan tanam kembali untuk bahan masakan berupa sayuran sehingga meminimalkan jumlah sampah dan langkah berhemat. Sukses mencegah polusi air yang diawali dari lingkungan rumah sendiri!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0