2 Event Jepang yang Wajib Dikunjungi di Jakarta

Meskipun popularitas dorama Jepang di Indonesia terlihat kalah dengan Korea, namun ternyata negara ini belum kehilangan fansnya. Tidak percaya? Coba saja lihat beberapa Luxury Hotel Jakarta yang mengambil konsep ruangan ala Jepang. Hotel dengan konsep tersebut cukup banyak disukai oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Selain itu, hal ini juga bisa terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang setiap kali diadakannya event Jepang di kota ini, baik dalam skala kecil maupun besar.

Event Jepang adalah salah satu event rutin yang diadakan setiap tahunnya. Dari mulai kampus, lembaga kursus Jepang dan berbagai lembaga lainnya secara rutin mengadakan acara ini. Namun diantara semua event tersebut, ada 2 event Jepang yang sangat terkenal dan akan sayang sekali jika kamu lewatkan. Berikut ini adalah kedua event tersebut:

  • Jak-Japan Matsuri

Jak-Japan MatsuriEvent ini merupakan bentuk persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Didukung secara penuh oleh kedutaan besar Jepang dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Diadakan sejak tahun 2009, dan tahun ini merupakan ke-9 kalinya event ini diselenggarakan. Dengan HTM (Harga Tiket Masuk) yang terjangkau, membuat pengunjung tidak merasa berat jika ingin datang ke event ini. Selain itu, kamu juga bisa keluar sesaat dan masuk kembali ke area festival tanpa harus membeli tiket lagi. Cukup dengan menunjukkan cap yang diberikan oleh staff saat kamu akan keluar.

Dalam acara ini, terdapat berbagai stand makanan khas Jepang, seperti Takoyaki, Okonomiyaki, ringo ame (apel karamel), taiyaki, dan berbagai makanan khas Jepang lainnya. Tidak hanya itu saja, di sini juga ada rumah hantu ala Jepang. Jadi kamu nggak perlu tuh jauh-jauh ke Jepang jika ingin menikmati sensasinya. Kamu boleh datang ketempat ini dengan menggunakan yukatta, cosplay atau hanya mengenakan pakaian biasa. Untuk performancenya sendiri, ada sebuah panggung utama dan terdapat mini panggung dibeberapa lokasi. Kamu tinggal pilih deh mau nonton yang mana. Panggung utama biasanya akan diisi oleh bintang tamu utama, baik dari Indonesia maupun Jepang. Dan satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu Mikoshi Parade.

  • Ennichisai

Event ini sering juga disebut sebagai Ennichisai Blok M karena memang selalu diadakan di Blok M. Suasananya sedikit berbeda dengan Jak-Japan Matsuri, karena event ini diadakan di area pertokoan, sehingga stand tempat berjualan berada dipinggiran jalan. Namun hal ini menjadikan suasananya mirip dengan festival musim panas Jepang. Jadi kamu akan benar-benar merasakan suasana Jepang saat berkunjung ke sini.

Perbedaan lainnya yaitu, dalam acara ini biasanya hanya terdapat satu panggung utama. Di panggung tersebutlah semua bintang tamu akan tampil. Mengenai makanan yang dijual, jenisnya tidak berbeda jauh, seperti taiyaki, okonomiyaki, takoyaki, dan beberapa makanan khas Jepang lainnya. Dalam event ini juga diadakan Mikoshi Parade, namun karena lokasinya lebih sempit dari Jak-Japan Matsuri jadi kamu harus siap berdesak-desakkan dengan pengunjung lainnya jika ingin melihatnya. Akan tetapi, event ini tidak membutuhkan tiket masuk. Jadi siapapun bisa datang tanpa perlu membayar.

Jadi, event mana nih yang menurutmu lebih menarik untuk dikunjungi? Atau kamu ingin mengunjungi keduanya? (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0